Lebih Dekat Dengan Amphibi Gambot di Zona IOF Saat Pameran IIMS 2018 Lalu

0
66

Bila Anda sempat datang ke Zona Indonesia Off-road Federation (IOF) di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 19-29 April lalu, mesti taka sing dengan penampakan sebuah mobil gambot yang satu ini. Selama 11 hari penuh, mobil dengan kelir kamuflase putih ini mejeng dan sesekali ikut parade yang digelar IOF di akhir pekan.

Ya inilah mobil bermerek Bear dengan tipe yang disebut sebagai Mr. Moon. Bear adalah sebuah pabrik kustomisasi kendaraan asal Rusia tempat mobil ini dirakit. Di pabrik tersebut mobil ini dibuat bak kendaraan artileri berat untuk di medan peperangan.

Meski tampil seperti mobil militer, namun tak sekali pun Mr. Moon pernah ikut dalam sebuah peperangan. Mobil ini sengaja didatangkan ke Indonesia oleh importirnya yang berasal dari Timur Tengah untuk dipasarkan disini.

Kendati dimensinya bongsor, namun kapasitas mesinnya “hanya” 2.200 cc. Sumber tenaga penggerak tersebut berasal dari donor pabrikan Korea Selatan, yakni Hyundai bertipe Theta dengan bahan bakar bensin.

Namun jangan anggap remeh kemampuannya melibas trek off-road. Saat diuji coba di trek Got Mud di Zona IOF IIMS 2018 lalu, Mr. Moon dengan mudah melintas hingga keluar tanpa alat bantu apapun. Satu-satunya usaha adalah mengempiskan tekanan angin bannya dari dalam kabin.

Memang dengan dimensi karet bundar sebesar itu, perkara menambah atau mengurangi tekanan angin secara manual tentu akan banyak menyita waktu dan tenaga dari mesin compressor udara. Oleh karenanya, seperangkat alat pengatur tekanan angin ban diaplikasikan didalam kabin mobil berkapasitas lima penumpang ini.

Selain kemampuannya di medan off-road, Mr. Moon rupanya pernah diuji coba berendam di Danau Sunter beberapa waktu lalu. Mobil gambot ini sengaja diceburkan untuk menguji kapabilitasnya didalam air sebagai kendaraan amphibi.

Pernah juga saat banjir melanda ibukota Jakarta beberapa waktu lalu, Mr. Moon ikut hadir sebagai bagian dari tim IOF Rescue untuk membantu evakuasi warga yang tempat tinggalnya terendam air.

Sebagai catatan teknis, mobil gambot ini punya bobot sebesar hampir dua ton, atau lebih tepatnya 1.959 kg. Sementara untuk menyalurkan tenaga 2.200 cc ke masing-masing roda mengandalkan transmisi otomatik lima percepatan. Saat dibesut diatas aspal, Mr. Moon hanya bisa “berlari” maksimal 70 km/jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here