Jaguar Land Rover Kembangkan Mobil Offroad Tanpa Awak

0
110

Masa depan industri kendaraan sudah mulai tampak dengan begitu banyaknya produsen mobil yang melansir mobil nirawak alias autonomous vehicle. Dan diantara deretan manufaktur tersebut, hanya segelintir yang sengaja fokus pada kendaraan off-road. Salah satunya adalah Jaguar Land Rover yang beberapa waktu lalu mengumumkan proyek self-driving offroad vehicle bertajuk Cortex.

Proyek senilai 3,7 juta poundsterling ini menggabungkan teknologi 5D dari radar, video, akustik, deteksi cahaya hingga sensor jarak agar mobil nirawak JLR mampu melaju dalam berbagai kondisi cuaca dan medan. Targetnya adalah mencapai automation level 4 dan 5 yang berarti tingkatan automation tanpa campur tangan manusia bahkan kolom kemudi. Kendaraan ini juga bakal dibekali dengan machine learning yang digunakan untuk membaca keadaan lingkungan sekitar. Tujuannya untuk membantu mendongkrak kemampuan kendaraan untuk menghadapi cuaca dan medan yang berbeda.

JLR bukan satu-satunya pabrikan yang mengembangkan teknologi tersebut. Sebelumnya sudah ada Ford yang diberikan hak paten untuk mobil off-road autonomous. Sementara di awal tahun ini Honda juga telah meluncurkan robot berkonsep off-road yang dirancang untuk bertugas di daerah-daerah berbahaya dan membantu misi pencarian serta penyelamatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here