Jawara Rally Dakar Dengan Catatan Terbanyak

0
26

Offroaders, sebagaimana kita tahu bahwa Rally Dakar memulai debutnya pada 1979 silam. Sejak digelar pertama kali hingga kini, kompetisi tahunan reli paling ganas di dunia ini telah dimenangi oleh produsen-produsen mobil ternama dunia.

Beberapa diantaranya malah mencatat prestasi menjuarai Rally Dakar lebih dari dua kali meski tidak di tahun yang berurutan. Sebut saja Peugeot, Mitsubishi, Volkswagen, MINI dan masih banyak yang lainnya.

Mobil apa saja yang paling banyak membawa pulang kemenangan dalam sejarah Rally Dakar? Berikut catatanya,

  1. Mitsubishi Pajero Evolution Dakar (12 kemenangan)
    Meski medan yang dihadapi begitu ekstrim, namun produsen otomotif asal Jepang, Mitsubishi memiliki tekad yang begitu besar. Hal ini tercatat berdasarkan data yang dirilis, model Pajero Evolution Dakar sukses merajai gelaran tersebut sebanyak 12 kali. Hal ini terhitung sejak 1985 silam. Namun selang tujuh tahun kemudian, tim tersebut gagal menunjukan taringnya sebagai juara. Akan tetapi, di tahun berikutnya yakni 1992, 1993, 1997, 1998, 2001 hingga 2007, Mitsubishi terus menjadi raja tak terkalahkan.

  2. Peugeot (7 kemenangan)
    Mobil yang sukses merajai Dakar 2018, Peugeot, memang sudak menunjukan kepekerkasaannya sejak 1987. Saat itu, mobil yang diturunkan adalah 205 T16 yang dikendarai oleh Ari Vatanen dan Bernard Giroux. Dua tahun mobil tersebut menjadi juara tak terkalahkan di Dakar. Namun saat gelaran Dakar 1989, Peugeot mengganti modelnya dengan yang lebih muda lagi, yakni Peugeot 405 T16. Pergantian amunisi pun berjalan lancar, selama dua tahun 1989 dan 1990, 405 T16 masih menjadi pemegang podium tertinggi.Lama absen dari gelaran tersebut, akhirnya mobil Peugeot kembali beraksi di padang pasir Rally Dakar. Di tahun 2016, sejak vakumnya tersebut mereka langsung mencuri podium berkat duet maut Peterhansel dan Jean Paul Cottret. Mereka pun bertahan di singgasana tertinggi hingga 2017. Kemudian di tahun 2018, Carlos Sainz, sukses memberikan hadiah perpisahan kepada Peugeot yang memutuskan untuk mundur dari gelaran Dakar tersebut.

  1. MINI (4 kemenangan)
    Sepak terjang mobil Dakar tidak hanya dikuasai oleh model-model SUV. Produsen asal Inggris, MINI juga berhasil membuktikan bahwa mereka sangat tangguh saat harus berjibaku di lautan pasir tak berujung. Pereli handal Stephane Peterhansel, menjadi kontributor terbesar dalam keberhasilan X-Raid MINI. Ia sukses menyumbangkan dua kali juara Dakar di tahun 2012 dan 2013. Sedangkan dua kemenangannya lagi dipersembahkan oleh Nani Roma di 2013 dan Nasser Al-Attiyah di tahun 2014.
  2. Citroen ZX (4 kemenangan)
    Sama seperti produsen MINI yang sukses menggondol empat kemenangan dalam rally Dakar. Produsen otomotif asal Perancis, Citroen, juga ikut ambil bagian dalam gelaran tersebut. Di tahun 1991, debut awal Citroen lewat model ZX sukses mencuri perhatian. Keberhasilan mereka pun kembali terjadi di 1994 hingga 1996. Melalui tangan handal Pierre Lartigue, Citroen mengemas tiga kemenangan tak terkalahkan dalam saat gelaran tersebut masih menempuh jalur Paris menuju Dakar di tahun 1994 silam.
  3. Volkswagen Race Touareg (3 kemenangan)
    Setelah Dakar tidak diselenggarakan di tahun 2008, balapan tersebut kembali digelar di 2009. Setelah masa jedanya tersebut, produsen asal Jerman, Volkswagen, yang menurunkan model Touareg, berhasil mengambil alih podium tertinggi selama tiga tahun berturut-turut. Pereli yang sukses menyumbangkan kemenangan tersebut pun berganti-ganti, mereka adalah Giniel de Villiers, Carlos Sainz, dan Nasser Al-Attiyah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here