Gatotkoco Soeharto Tak Gentar Berangkat Sendiri ke MEX 2018

0
381

Gatotkoco (Gatotkaca) adalah seorang legenda dari cerita pewayangan Mahabharata. Dalam kisahnya, Gatotkaca punya kekuatan yang luar biasa dengan julukan “otot kawat tulang besi”.

Sesuai namanya, Gatotkoco seorang offroders domisili Balikpapan, Kalimantan Timur punya kisah yang tak kalah menarik dengan tokoh legenda pewayangan tersebut. Tekad yang bulat serta niatan yang besar, membuat Gatotkoco Soeharto nama lengkapnya ikut ke Meratus Ekstreme eXpedition 2018 (MEX 2018) seorang diri.

Awalnya, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pengurus Cabang Indonesia Off-road Federation (Pengcab IOF) Balikpapan ini akan berangkat bersama dua orang rekannya dari tim Burung Enggang. Namun karena satu dan lain hal, kedua rekannya Andy Ervyn dan Burhanuddin berhalangan.

“Seharusnya tim Burung Enggang berangkat ke MEX 2018 ada 3 mobil dari Kalimantan Timur. Tapi rekan batal ikut serta. Karena sudah niat, yang berangkat tinggal saya sendiri. Kadung hobi, tetap berangkat bersama navigator Eka. Apalagi penasaran ikuti MEX yang ekstrim. Karena sendiri, ada masalah dengan perlengkapan yang harus dibawa selama ekspedisi,” jelas Gatotkoco.

Sebagaimana dikisahkan dalam cerita legenda pewayangan, Gatotkaca memiliki kekuatan luar biasa, mampu terbang di angkasa tanpa menggunakan sayap. Begitupun Gatotkoco Soeharto, pria berambut panjang ini nekad masuk ke medan ekstrim Meratus Ekstreme eXpedition, Banjarbaru – Batu Licin, Kalimantan Selatan.

Andalannya Ford Ranger T6 keluaran 2012 double cabin sudah tak lagi standar. Spesifikasinya dibuat untuk menghadapi kejamnya trek MEX 2018 yang punya sebutan “No Turning Back” alias tak ada jalan balik. Dapur pacunya diganti 13B-T, mesin diesel segaris versi turbocharger milik Toyota. Mobil dimodifikasi sendiri di workshop Export Balikpapan milik Gatotkoco.

Meratus Extreme eXpedition menjelajahi jalur off-road ekstrim di pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan. Ajang tahunan ini telah digelar sejak 2016 oleh Indonesia Off-road eXpedition (IOX) Adventure Club.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here