IOF Terus ‘Dorong’ Ketersediaan Air Bersih dan Tim Medis di Lombok

0
108

Terkait diperpanjangnya status Tanggap Darurat hingga 25 Agustus 2018 mendatang oleh pemerintah Republik Indonesia, maka misi kemanusiaan Indonesia Offroad Federation untuk Lombok akan terus dilakukan hingga jadwal yang sudah ditentukan. Saat ini, IOF dan tim relawan gabungan berkonsentrasi untuk trus mengupayakan tenaga medis dan distribusi air bersih ke daerah-daerah yang masih terisolir akibat bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Masih banyaknya korban-korban bencana di pengungsian tak lepas dari masih terjadinya gempa susulan yang masih mengguncang daerah Lombok dan sekitarnya. Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hingga 9 Agustus 2018 telah terjadi sebanyak 362 gempa susulan berkekuatan rentang 3 .0 SR hingga 6,2 SR setelah gempa berkekuatan 7.0 SR pada 5 Agustus 2018.

Terkait kegiatan evakuasi dan distribusi kebutuhan barang pokok masyarakat korban bencana, tim relawan gabungan yang terdiri dari pemerintahan, militer, perusahaan dan organisasi masyarakat mendirikan Pos PDB (Posko darurat Bencana) Gempa Lombok 2018 berlokasi di komplek Lapangan Tanjung. Bersebelahan dengan RSUD Tanjung, sebuah kompleks Rumah Sakit yang besar namun gempa 5 Agustus 2018 merusak beberapa bagian rumah sakit ini, sehingga terpaksa dikosongkan dengan alasan keamanan. U

Untuk menangani pasien, telah dibuka Rumas Sakit Lapangan oleh Yonkes TNI bersama beberapa organisasi relawan dengan keahlian medis. Rumah Sakit Lapangan ini mampu melakukan operasi kecil sampai operasi besar, tersedia lebih dari 60 orang dokter dan tim perawat yang stand by 24 jam.

Sesuai data assessment harian yang dilakukan oleh tim gabungan relawan gempa Lombok, tercatat beberapa data detail sebagai berikut :

  1. Total korban wafat jumlah sementara adalah 458 orang
  2. Total rumah rusak jumlah sementara 71.740 bangunan rumah;
  3. Total pengungsi sementara 417.529
  4. Total Rumah Rusak 71740
  5. Fasilitas Umum dan tempat ibadah rusak 197.
  6. Lokasi jalan terputus di Dusun Majumeneng Desa Sotong Induk

IOF masih terus berupaya ‘mendorong’ fasilitas air bersih sebagai sumber kehidupan ke lokasi-lokasi pengungsian, termasuk membawa fasilitas kesehatan bergerak untuk daerah-daerah yang masih terisolir akibat jalan rusak atau akses terputus. Seluruh tenaga, pikiran dan armada masih terus dikerahkan dalam misi kemanusiaan IOF di Lombok.

Dalam kurun waktu tertentu, IOF terus menyiapkan jerrycan, tanki air darurat berikut pompa (water bleeder) dan tanki penampungan air (water torn) untuk beberapa lokasi pengungisan di wilayah Lombok Utara, tempat paling terdampak bencana. Selain itu, kami dari IOF juga terus menyiapkan dan mengantarkan fasilitas kesehatan bergerak, seperti Ambulance berpenggerak roda 4×4 dan tim medis yang siap siaga membantu kebutuhan para korban bencana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here