ITS Bikin Mobil Listrik Untuk Rally Dakar

0
103

Bukan sekedar mimpi, Indonesia bakal punya andil dalam Rally Dakar beberapa tahun kedepan berkat kreativitas rekan-rekan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Mereka kini sedang mengembangkan tiga mobil berpenggerak tenaga listrik yang dirancang untuk jalan jauh ratusan kilometer.

Ketiga mobil listrik tersebut dikalim punya kapabilitas untuk berjalan di medan offroad dengan bermodalkan penggerak 4×4. Dalam waktu dekat, ketiga mobil listrik karya mahasiswa ITS tersebut bakal melakoni uji coba berkeliling Indonesia.

Ayuning Fitri Desanti, mahasiswa ITS yang terlibat dalam proyek pembuatan mobil listrik ini menyebutkan, dalam membuat mobil listrik ini kami bekerjasama dengan Universitas Budi Luhur. Kemudian kami akan tour keliling indonesia dengan support dari banyak perusahaan yang mana salah satunya dari PLN.

Kedepannya, mobil ini akan dirancang untuk mengikuti balapan terganas di dunia, Rally Dakar. Uji coba ini sengaja dilakukan sebelum nantinya mobil yang diklaim sanggup menempuh jarak 400 km dari tenaga penyimpanan pada baterainya terjun di kompetisi reli ratusan kilometer.

Tiga mobil tersebut memiliki nama masing-masing yakni BLITS, Hybrid Series Kasuari, dan WVO Ford Ranger. Berikut spesifikasi ketiga mobil listrik ITS itu.

1. BLITS :
100% Electric, Offroad Series, 200 km Range, Made in Indonesia, BLDC Axial 2 x 50 kw, CVT Gearbox, 18650 Li Ion Battery 90 kWh, 350 V, Independent Front & Rear Suspensions.
2. Hybrid Series Kasuari :
100 kW, 50 kVA Diesel Generator, 50 kWh Battery Pack
3. WVO Ford Ranger :
B100 = 100% Biodiesel, B20 = 20% BD + 80% PD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here