Mercedes-Benz Resmi Luncurkan G-Class Terbaru di Detroit Auto Show 2018

0
265

Akhirnya Mercedes-Benz secara resmi meluncurkan varian terbaru dari SUV legendarisnya, G-Class yang akan mulai dipasarkan 2019 mendatang. Sejak diperkenalkan 40 tahun silam di 1979, SUV andalan dari pabrikan berlambang bintang ini masih terus mengabadikan desain eksteriornya.  Meski terbilang konservatif, namun model ini sudah menjadi sebuah ikon bagi Mercedes-Benz dalam membuat mobil yang tak terbantahkan kemampuannya.

Detroit Auto Show 2018 menjadi tempat resmi peluncuran G-Class terbaru. Di bagian luar Gelandewagen (sebutan asli mobil ini di Jerman) mendapatkan sentuhan minim pada lekukan body-nya agar terlihat lebih modern. Beberapa aksesori pendukung seperti Daytime Running Light LED turut disematkan di bagian depan G-Class 2019.

Mercedes-Benz G-Class 2019 (4)

Aura berbeda terlihat ketika melihat interior G-Class 2019. Unsur modernitas Mercedes-Benz terkini dimasukkan, sehingga terlihat banyak kemiripan dengan interior Mercedes-Benz E-Class maupun S-Class. Khususnya, sistem Comand Online berupa dua monitor 12,3-inci high-definition yang seolah menyatu dalam satu frame di dasbor. Karakter off-road masih terlihat dari bentuk dasbor keseluruhan. Tapi diisi oleh desain dan sentuhan sama dengan sedan-sedan Mercedes-Benz.

Saat ini, G-Class 2019 baru ditawarkan dalam satu varian G550. Varian ini punya mesin V8 4,0-liter twin-turbocharged bertenaga 416 hp dan torsi 610 Nm. Tidak ada perbedaan dengan G550 model sebelumnya, namun diyakini memiliki akselerasi lebih kencang.

Mercedes-Benz G-Class 2019 (1)

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi berasal dari transmisi. Griboks otomatis 7-speed lama digantikan unit baru 9-speed. Rasio power-to-weight yang lebih ideal dan rasio gear baru, mampu menunjang akselerasi 0-100 km/jam jauh lebih cepat meski belum ada data resminya dari pabrikan.

Sektor kaki-kaki ditopang suspensi baru hasil kolaborasi Mercedes-Benz G GmbH dan Mercedes-AMG GmbH. Suspensi independen double wish-bone di depan, dikombinasi suspensi rigid di belakang. Sasis tetap ladder frame dengan 3 differential lock, rasio gigi low-range dan ground clearance setinggi 270 mm.

Mercedes-Benz G-Class 2019 (3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here