Pembalap Rusia Dominasi Klasemen Rally Dakar 2019 Kelas Truk

0
11

Ajang tahunan Rally Dakar 2019 di kategori truk didominasi oleh pembalap dari Rusia dan Belanda yang mengemudikan kendaraan raksasanya.

Pertempuran truk berat tersebut di tahun ini diramaikan oleh kehadiran tim Kamaz dari Rusia dengan pembalapnya Eduard Nikolaev dan navigator Evgenii Iakovlev, serta mekanik Vladimir Rybakov. Selain Rusia, tim dari Belanda yakni Iveco juga ikut turun bersama pengemudinya Gerard De Rooy, navigator Moises Torrallardona, dan mekanik Darek Rodewald.

Kedua tim itu bergabung dengan puluhan kendaraan lainnya dengan total keseluruhan 41 truk. Nikolaev pada 2013 lalu meraih kemenangan pertama. Sementara di tahun lalu pembalap kelahiran 21 Agustus 1984 itu juga menduduki juara pertama dengan kemenangan di tiga stage.

“Edisi terakhir Dakar sama sekali tidak mudah. Bahkan ada saat-saat ketika kami berpikir semuanya sudah berakhir untuk kami. Syukurlah, para kru tetap solid dan truk kami bertahan. Secara pribadi, itu adalah kegembiraan yang hebat untuk memenangkan Dakar edisi ke-40 saat kami merayakan peringatan ke-30 tim Master Kamaz,” kata Nikolaev seperti dikutip dari situs resmi Dakar.

Sedangkan De Rooy, usai rehat satu musim di tahun 2018, ia ingin bangkit dan mengikuti jejak karier sang Ayah, karena Jan de Rooy merupakan mantan pembalap Dakar yang sukses merebut juara pada tahun 1987.

“Cita-cita saya adalah ingin balapan di Afrika Eco Race, seperti Ayah saya. Tapi memang, bertarung melawan tim Kamaz merupakan tantangan yang terlebih dahulu harus dihadapi. Dan mengalahkan mereka, adalah yang terbaik menurut saya.”

Sejauh ini hingga stage ke empat yang mengambil lintasan dari Arequipa menuju Tacna, Nikolaev masih mengungguli para rivalnya, dan De Rooy berada di peringkat kelima klasemen sementara kategori truk.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here