Persiapan Rally Dakar, Blits Digenjot Hingga 15.000 Km Keliling Indonesia

0
10

Offroaders, kita patut bangga dengan karya anak bangsa yang satu ini. Kolaborasi para mahasiswa dari dua perguruan tinggi Universitas Budi Luhur dan ITS, berhasil melahirkan sebuah mobil tubular berpenggerak empat roda dengan tenaga listrik murni yang diberi nama Blits.

Bermodalkan penggerak empat roda dan sasis tubular yang ringan dan kompetitif, Blits ditargetkan untuk dapat mengikuti kejuaraan internasional Dakar Rally pada tahun 2021 mendatang. Namun sebelum diterjunkan ke perlombaan dengan lintasan paling ganas di dunia ini, Blits harus melakukan serangkaian pengetesan untuk menguji daya tahannya.

Blits akan diuji coba dengan melakukan perjalanan berkeliling Indonesia dengan jarak tempuh mencapai 15.000 km. Perjalanan keliling nusantara ini diperkirakan akan memakan waktu hingga 100 hari.

Perjalanan yang dimulai sejak Rabu (14/11) ini akan dimulai dari ITS Surabaya, Budi Luhur Jakarta, Medan, Aceh, Sabang, Pontianak, Sampit, Balikpapan, Samarinda, Makasar, Kendari, Manado, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Marauke, Kupang, Labuan Bajo, Bima, Mataram, Bali, Banyuwangi, dan berakhir kembali di Surabaya.

Yoga Uta Nugraha, Project Leader dari Blits mengungkapkan, Blits didesain untuk Reli Dakar Argentina mulai dari sasis tubular, bentuk bodi, motor elektrik, hingga ketahanan baterai. Untuk bisa mengikuti Reli Dakar maka kita ingin pastikan bahwa drive train, controller, ECU, baterai packnya itu aman.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here