Range Rover Sport PHEV Taklukkan Gunung Tianmen Cina

0
83

Land Rover kerap membuat tantangan berat untuk membuktikan ketangguhan produk mereka. Terakhir, Range Rover Sport PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) yang menjadi obyek untuk menghadapi uji coba sulit. Bertajuk Dragon Challenge, merupakan tantangan berat untuk menaklukkan jalanan dan tanjakan ekstrem menuju Heaven’s Gate di Cina. Sebuah situs alam terkenal yang terletak di Gunung Tianmen, provinsi Hunan, Cina.

Tantangan dimulai dari bagian paling bawah jalan pegunungan Tianmen yang memiliki nama beken, Dragon Road. Menaklukkan jalan itu tidak gampang, karena terdiri dari 99 kelokan dan harus dilakukan dalam kecepatan tinggi. Sesampainya di puncak yang mengarah ke situs batu alami Heaven’s Gate, harus merayapi 999 anak tangga dengan kemiringan 45 derajat yang teramat curam. Baru pertama kalinya dilakukan di obyek wisata terkenal Cina ini, kendaraan dan pengemudinya jelas bukan sembarangan dipilih.

Ranger Rover Sport P400e standar pabrik, menjadi aktor utama penakluk Dragon Road. Di balik kemudinya, pembalap yang tergabung dalam Panasonic Jaguar Racing, Ho-Pin Tung. Kemampuan pembalap profesional asal Tiongkok ini tak perlu dipertanyakan lagi. Pengalaman di Formula 1, Formula E dan pemegang gelar juara Le Mans 24 Hours ini, harus memiliki kecermatan dan nyali sangat besar saat menanjak di Dragon Road dan anak tangga menuju Heaven’s Gate.

Tenaga penggerak PHEV terbaru di Range Rover Sport memiliki mode listrik dengan daya jelajah sampai 50 km. Ho-Pin Tung mengerahkan seluruh daya 300 PS dari mesin bensin Ingenium, ditambah 116 PS dari motor listrik untuk mendaki Dragon Road dengan 99 kelokan yang didominasi hairpin. Lengah sedikit, jurang langsung menyambutnya. Range Rover Sport bermesin hybrid digeber tanpa ada kendala, tapi tantangan sesungguhnya ketika sampai di tangga menuju Heaven’s Gate.

Bukan perkara mudah berjalan di dengan permukaan anak tangga seperti itu. Ditambah lagi kecuraman yang mencapai 45 derajat. Pastinya permukaan tangga tidak memberi grip maksimal ke ban RR Sport. Peranti off-road canggih, Terrain Response 2 menjadi kendali utama dan disetel di mode Dynamic. Di sinilah sistem off-road pintar ini diuji. Semuanya tuntas dihadapi RR Sport dan Ho-Pin Tung dalam waktu 22 menit 41 detik.

“Saya berpengalaman di Formula E, Formula 1 dan memenangi balap Le Mans 24 Hours, tapi ini tanpa ragu merupakan berkendara paling menantang yang pernah saya hadapi. Range Rover Sport PHEV memiliki performa brilian seperti diperlihatkan saat melewati jalan pegunungan dan mendaki tangga menuju Heaven’s Gate tanpa susah payah,” kata Ho-Pin Tung.

Phil Jone, Land Rover Experience expert, berkata: “Inilah tantangan terberat Ranger Rover Sport yang saya pernah terlibat.” Sebelumnya RR Sport PHEV ditantang berenang melawan juara dunia renang di Inggris dan mencetak rekor di Pikes Peak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here