Ratusan Kendaraan Jalani Pemeriksaan Sebelum Terjun di IOX Andalas 2019

0
12

Gelaran ekspedisi offroad ekstrem, Indonesia Offroad Expedition (IOX) Andalas 2019 sudah dekat. Para peserta yang telah resmi tercatat sebagai partisipan dalam IOX Andalas 2019 wajib melakukan scrutineering atau pemeriksaan mobil sebelum kendaraan dikirim ke Medan.

Susuai tajuk yang diusungnya tahun ini, IOX Andalas 2019 akan mengambil rute Medan – Danau Toba – Bukit Tinggi pada 9 – 24 Februari 2019 mendatang. Pihak penyelenggara dalam hal ini, IOX Adventure Club mencatat ada 81 mobil dan 74 motor yang menjadi peserta resmi ekspedisi offroad ekstrem kali ini.

Baik scrutineering dan jumpa pers sendiri dilakukan secara bersamaan di Rasuna Epicentrum Walk, Jakarta, hari ini, Sabtu (26/1). Ratusan orang yang diantaranya muka-muka lama offroader kawakan tanah air hadir di kegiatan akhir pekan ini.

Sesuai standar regulasi kegiatan offroad di Indonesia, kendaraan para peserta wajib lulus pemeriksaan terkait urusan keamanan. Seperti sabuk pengaman dan kondisinya, roll bar atau roll cage pelindung, winch dan kekuatannya, tabung pemadam api serta peranti suku cadang dan kelengkapan bertahan hidup di hutan.

Tak main-main memang, sebab IOX Andalas 2019 ini bakal menempuh jarak sejauh 1.400 km menembus hutan belantara Sumatera selama 16 hari. Kondisi track yang ekstrem dengan curah hujan yang diprediksi tinggi saat gelaran berlangsung, membuat para peserta harus benar-benar menyiapkan kondisi kendaraan, kesiapan bertahan hidup dan fisik masing-masing.

Ketua Klub Off-Road IOX, Sri Hascaryo mengemukakan, dalam ajang ini, peserta akan diuji kemampuan fisik, mental dan kendaraannya menembus rute-rute super ekstrem di dua provinsi, yakni Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Mereka juga dapat menikmati wisata alam dan budaya yang indah.

Perjalanan para tim peserta dari IOX Andalas 2019 sendiri seperti biasa bakal dipimpin oleh Syamsir Alam sebagai leader dengan nomor lambung jip 000. Pria yang juga salah satu pendiri organisasi Indonesia Offroad Federation (IOF) ini kerap ditunjuk sebagai leader dalam perjalanan IOX sejak 2012 lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here