Restorasi Tujuh Dekade Land Rover Series 1

0
234

Tahun 2018 punya makna tersendiri bagi Land Rover. Di tahun ini, Land Rover telah genap berusia 70 tahun dalam membuat kendaraan serbaguna yang melegenda di dunia sejak pertama kali melansir produk pertamanya 1948 silam.

Varian pertama dari jip berpenggerak 4×4 ini adalah Land Rover Series 1. Series 1 sendiri pertama kali muncul di Amsterdam Motor Show 1948 dan dari kabar yang beredar, ada 48 unit pra-produksi yang dibuat oleh Land Rover, termasuk 3 unit sebagai mobil display pada pameran otomotif pasca Perang Dunia II.

Land Rover Series 1 Prototype Restoration Seven Decade (2)

Dalam rangka menyambut hari jadinya, Land Rover berencana merestorasi salah satu prototype Series 1 yang sangat melegenda. Mobil ini sudah menjadi bangkai selama 20 tahun di sebuah halaman di daerah Wales.

Mobil ini sempat diboyong seseorang untuk diperbaiki, namun proyek tersebut tidak pernah terlaksana. Hingga akhirnya ditemukan oleh pihak pabrikan, dimana letaknya tidak jauh Solihull.

Land Rover Series 1 Prototype Restoration Seven Decade (4)

Mobil yang memiliki banyak nilai sejarah tersebut, kini telah berada di tangan yang tepat. Tim Jaguar Land Rover Classic akan mengambil alih proses pemugaran kendaraan.

Mereka akan membuat kendaraan bersejarah ini menjadi cantik seperti pertama kali dikenalkan. Ini bukanlah tugas yang mudah memang, beruntungnya mobil ini berada di tempat yang semestinya.

Land Rover Series 1 Prototype Restoration Seven Decade (1)

Dikatakan bahwa proses pengerjaan, akan mencakup pembuatan ulang bodi menggunakan bahan alumunium yang lebih tebal. Sasis galvanis dan bak belakang juga menghiasi mobil edisi ke 48 tersebut. Restorasi juga mencakup untuk menjaga patina Land Rover yang menjadi ciri khas mobil ini selama tujuh dekade.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here