BNPB Berikan Himbauan Kepada Warga Masyarakat Untuk Antisipasi Banjir di Jakarta

0
34

Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) merilis pengumuman kepada masyarakat Jakarta yang tinggal di pinggiran bantaran sungai Ciliwung untuk mewaspadai banjir kiriman yang akan menerjang Jakarta bebarapa jam kedepan. BNPB meminta kepada warga masyarakat untuk tidak beraktivitas di sekitar wilayah bantaran sungai demi keselamatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hujan deras yang berlangsung sejak kemarin hingga saat ini di wilayah hulu Sungai Ciliwung di daerah Bogor telah menyebabkan debit Sungai Ciliwung meningkat.

Pukul 09.00 WIB, naik menjadi 230 sentimeter, kemudian pada pukul 09.05 Wib menjadi 24 sentimeter. Level Siaga I di Bendung Katulampa jika tinggi muka air Sungai Ciliwung di atas 200 sentimeter. Hujan masih berlangsung di wilayah Bogor sehingga dapat menambah debit banjir Sungai Ciliwung.

“Dengan status Siaga 1 Bendung Katulampa maka warga di sekitar Sungai Ciliwung diimbau untuk waspada. Masyarakat yang tinggal di pinggiran bantaran sungai Ciliwung di wilayah Bogor agar tidak melakukan aktivitas di sungai, seperti di Katulampa, Sukasari, Barangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Pabaton, Kedung Badak, dan Kedung Halang. Begitu juga masyarakat di sekitar bantaran Sungai Ciliwung di daerah Depok,” ujar Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya pada Okezone, Senin (5/2).

Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di sungai dan dapat mengevakuasi barang-barang rumah tangga ke tempat yang aman, khususnya bagi permukiman di bantaran sungai Ciliwung. Diprediksi banjir tidak akan besar dan meluas karena hujan tidak merata.

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!