Cegah Jamur Kaca di Musim Hujan

    0
    298

    Hujan yang kerap turun tak menentu belakangan ini, kerap membuat gemas pemilik mobil. Pasalnya sisa air hujan yang menempel pada bagian body dan kaca mobil akan rentan menjadi jamur jika lama didiamkan hingga kering.

    Khusus bagian kaca baik depan, samping dan belakang, jamur yang timbul tentu akan mengganggu visibilitas berkendara. Apalagi saat harus mengemudi dalam kondisi hujan di malam hari, biasanya akan sulit melihat ke depan dan mengintip kaca spion samping dan belakang Anda. Kebayangkan saat melaju di CR waktu malam tiba. Pastinya bakal membuat Anda tambah pusing.

    Untuk langsung membersihkannya perlu meluangkan sedikit waktu. Yang menjadi masalah, padatnya aktivitas dan tersisanya sedikit waktu membuat pekerjaan ini begitu menyita waktu. Kecuali Anda memiliki sopir pribadi yang bertugas merawat kendaraan.

    Lantas bagaimana solusinya agar meski digunakan sehari-hari, kaca mobil kesayangan bisa tetap bebas dari jamur yang mengganggu pandangan.

    Dendy Aviandry punggawa DNA Performance Wash and Detailling menerangkan, sebaiknya permukaan kaca bisa diberikan proteksi berupa lapisan wax yang paling mudah, hingga coating yang perlu dilakukan oleh professional. Jadi meskipun tak ada waktu mengelap kaca pascahujan, kaca mobil tetap terawat.

    “Lapisan wax atau coating yang menempel diatas permukaan kaca mengandung Carnauba. Atau bahasa kerennya ‘water beading’, mirip seperti air yang sulit menempel pada daun talas. Jadi sisa air hujan secara otomatis akan turun dengan sendirinya,” ungkap pemilik gerai di Jl. K.H Abdullah Syafei No.35 Jakarta Selatan ini.

    Untuk lapisan wax, biasanya beberapa tempat cuci mobil profesional di banyak kota besar telah banyak menawarkan jasa tersebut. Namun jika ingin melakukannya sendiri, cairan wax untuk kaca mobil tersebut juga banyak tersedia di gerai perangkat serba ada yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Sementara untuk melapisi permukaan kaca dengan coating, perlu dilakukan oleh jasa professional karena perlu dilakukan dengan beberapa tahap dengan obat khusus. kelebihannya tentu masa perlindungan yang lebih lama hingga lebih dari setahun dengan masa perawatan untuk pengecekan setiap 6 bulan.

    “Biaya coating bervariatif, tergantung dari dimensi kaca mobilnya. Umumnya mulai dari Rp 500 ribu untuk mobil dengan kaca depan kecil hingga Rp 1,5 juta untuk kaca mobil bidang besar,” tambah Dendy, seraya  menginformasikan tarif jasa ditempatnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here