Founder

IOF FOUNDER

IOF ® adalah organisasi Offroad Indonesia yang nirlaba dan mempunyai misi “ Pelestarian alam agar kita semua bisa menikmati kegiatan luar ruang melalui edukasi dan kesadaran melestarikan lingkungan”

Tahun 1999, pertama kali IOF bediri dan saat itu juga pendiri IOF yang terdiri dari 14 orang bertekad untuk mendirikan wadah kegiatan offroad dan memperkenalkan Tread Lightly! Suatu kegiatan outdoor ramah lingkungan.

  1. Askar Kartiwa – MEDCO
  2. Bimo Wijat Moko Karsono – PORTRACER
  3. Yuma Wiranatakusumah – ORD
  4. Wijaya Kusuma – 4XFUN
  5. Syamsir Alam  – SAMS
  6. Yola Daniel Zebedeus – FADWORKS
  7. Johny Lintau – ORD
  8. Harry Irawady – MAUNG BANDUNG
  9. Hari Sanusi – IOC
  10. Hidayat – JAJ
  11. Hendrik Badu – SSI
  12. Justinus Sjahlim – ROMA
  13. Rd Iskandar Surya Satjakusumah (Daday) – JAJ
  14. Ismail Johan – Roma

Foto Pendiri

ASKAR KARTIWA PENGGAGAS TREAD LIGHTLY PERTAMA KALINYA IMG-20141028-WA0004 IMG-20141105-WA0008Hidayat Harry irawadi Johnny Lintaukang Daday

IOF ! dibiayai oleh anggota, dan rencananya akan bekerjasama dengan ATPM, Dealer mobil maupun merchant yang peduli terhadap lingkungan dan bermaksud untuk menyampaikan pesan kepada para penggiat outdoor yang menggunakan kendaraan offroad mengenai tanggung jawab dan etika saat beroutdoor.

APA YANG KITA RENCANAKAN ?

Kami akan melakukan pelatihan mengenai kegiatan Outdoor yang bertanggung jawab dengan tidak merusak alam dan bahkan harus melestarikan dan meningkatkan kelestarian alam.

HARAPAN DAN MASUKAN ?

Kami berharap mendapat dukungan dari ATPM, Pengguna 4X4 dan simpatisannya untuk memberikan donasi dan sumbanganya dalam menyebar luaskan informasi mengenai TREAD LIGHTLY !! melalui Offroad yang bertanggung jawab.

BEBERAPA KEGIATAN YANG SUDAH DILAKUKAN  >

10 Desember 2007, langkah besar dilakukan oleh IOF as a foundation and organisation for off-roader of Indonesia sudah mulai dilirik oleh dunia International. Delegasi IOF yang berangkat ke Bali dipimpin oleh A.M.Suseto selaku Sekretaris Jenderal IOF Pusat, Askar Kartiwa selaku Penggagas Konservasi Lingkungan “Sahabat BUMI” IOF, Moko Karsono,Tokoh Off-road Nasional / Founder IOF,Wijaya Kusuma S. Founder IOF dan Kiki Murdyatmoko, Bidang Sosial IOF Pusat. Selain memperkenalkan IOF di dunia International maka IOF juga merencanakan untuk melakukan kampanye Off-road Go Green danProgram Sahabat Bumi yang peduli lingkungan di seantero Indonesia dan kampanye dilakukan melalui seluruh cabang IOF di 24 Propinsi.
“Ini adalah ide yang brilliant dan suatu hal yang baru pertama kali dilakukan antara CI Indonesia dengan komunitas pemerhati lingkungan dari kalangan penggiat outdoor. IOF akan menjadi mitra strategis CI yang nantinya melakukan kampanye bersama konservasi dilingkungan stakeholders penggiat outdoor” Ujar Jatna Suprihatna Vice Presiudent
CI Indonesia. Kemudian pak A.M. Suseto, Sekjen IOF dalam sambutannya menambahkan ” CI adalah organisasi dunia yang diakui keberadaannya didunia international sebagai organisasi konservasi yang sudah mapan oleh karenanya adalah suatu kebanggaan bagi IOF dapat bekerjasama dengan CI Indonesia.

Pencetus awal gagasan Konservasi Lingkungan di kalangan penggiat outdoor adalah Askar Kartiwa (Penasehat dan Founder IOF), dalam sambutannya mengatakan bahwa “Bumi yang indah ini bukanlah merupakan warisan dari nenek moyang kita, melainkan merupakan titipan untuk anak-cucu kita“. Intinya bahwa kita harus melakukan sesuatu terhadap ekosistem  dan memperbaiki dari kerusakan agar bumi tidak semakin hancur.

Penandatanganan dilakukan di outdoor hotel Ina Putri Bali dengan menampilkan beberapa kendaraan offroad yang sudah ramah lingkungan Sebagai informasi untuk menghindari polusi yang meningkat maka beberapa offroader sudah mulai mengganti bahan bakarnya yang lebih ramah lingkungan seperti misalnya menggunakan Bahan Bakar Gas.