Ganti Mesin? Pahami Dulu Urusan Yang Satu Ini

0
80

Engine swap atau mengganti mesin pada kendaraan merupakan salah satu langkah untuk menggapai tenaga mesin yang diharapkan pada sebuah besutan offroad. Proses ini bisa dikatakan lebih mudah, lebih cepat dan menjadi lumrah mengingat tak perlu membuang waktu dan biaya untuk meriset mesin standar menjadi sebuah mesin yang bertenaga.

Namun offroaders, ada satu hal yang harus diingat tatkala melakukan penggantian mesin atau engine swap ini. Yakni soal surat-surat kendaraan, perlu diingat mesin punya identitas berupa nomor yang tertera di dokumen keabsahan kendaraan.

Jangan sampai urusan penggantian mesin kendaraan ini menodai legalitas kendaraan offroad Anda dimata para penegak hukum. Apalagi jika kendaraan yang digunakan bukanlah sebuah mobil kompetisi, melainkan besutan harian.

Dilansir dari Jip/GridOto, Kasubdit Standarisasi Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Polri Komisaris Besar Polisi Kingkin memperbolehkan, asalkan harus melalui beberapa prosedur. “Boleh asal sesuai dengan prosedur, aturan dan ketentuan yang berlaku, seperti ubah bentuk, ganti mesin dan ganti warna,” kata Kingkin.

Disini maksud pak Polisi adalah jika Anda sudah mengubah mesin sebaiknya surat-surat kepemilikan mobil disesuaikan dengan mesin baru yang menempel pada kendaraan offroaders. Proses kepengurusan ubah mesin atau ganti mesin ini dapat dilakukan di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di wilayah Anda dengan membawa beberapa dokumen pelengkap.

Dengan begini, offroaders dapat terhindar dari permasalahan yang mendera soal legalitas dokumen kendaraan saat ingin mengurus surat kendaraan dan dapat menggunakan mobil dengan tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!