Ini Dia Wilayah Yang Diprediksi BNPB Akan Terendam Banjir di Jakarta

0
33

Banjir kiriman ditambah hujan lebat yang terjadi di Ibukota Jakarta hari ini, diprediksikan akan menggenangi sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga masyarakat untuk mewaspadai besarnya debit air kiriman yang melintasi di bantaran sungai demi keselamatan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hujan deras yang berlangsung sejak kemarin hingga saat ini di wilayah hulu Sungai Ciliwung di daerah Bogor telah menyebabkan debit Sungai Ciliwung meningkat.

Selain daripada itu, BNPB juga menginformasikan sejumlah daerah diprediksikan akan terendam banjirdalam beberapa jam kedepan setelah debit air banjir akan sampai di Pintu Air Manggarai, Jakarta. Banjir diprediksi akan menggenangi bantaran sungai di sekitar wiilayah di Jakarta seperti daerah Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Bidara Cina dan Kampung Melayu.

Masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di sungai dan dapat mengevakuasi barang-barang rumah tangga ke tempat yang aman, khususnya bagi permukiman di bantaran sungai Ciliwung. Diprediksi banjir tidak akan besar dan meluas karena hujan tidak merata.

Sungai-sungai lain di wilayah Jakarta masih level normal atau aman seperti Kali Krukut, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Karet, dan Kali Pesanggrahan sehingga banjir diperkirakan hanya terjadi di permukiman di bantaran sungai. Daerah-daerah lain masih aman.

BPBD Kabupaten Bogor dan BPBD DKI Jakarta telah menyebarkan informasi peringatan dini banjir kepada masyarakat, aparat Lurah dan Kecamatan. Peralatan, logistik, dan personil disiapkan untuk melakukan antisipasi banjir.

LEAVE A REPLY

Please enter your name here
Please enter your comment!