IOF Adventure NC 2016

IOF NC 2016 fix

IOF Adventure NC 2016

Aroma kuat dari kompetisi adventure murni sudah mulai tercium. Kabar baik yang ditunggu para penggiat dan penikmat kompetisi adventure sudah mulai terdengar. Ya, IOF Adventure NC akan sama-sama kita saksikan lagi di 2016. Kompetisi tersebut akan berlangsung dalam 4 putaran di 4 kota. Balikpapan – Kaltim kembali menjadi pembuka, dilanjutkan Palangkalaraya – Kalteng, Pangkalan Bun – Kalteng dan Lahat – Sumsel.

Akan dibuka 3 kelas kejuaraan yang keseluruhannya menggunakan kategori free for all (FFA). Jelas sekali event ini memanjakan para modifikator untuk secara bebas mengeksplorasi kreasi dan keahliannya. Persaingan yang sangat ketat tentunya akan menjadi sebuah rangkaian cerita seru dan tontonan menarik. Suatu kenyataanya bahwa kelas ini sering menyuguhkan anomali, karena kendaraan dengan spesifikasi tertinggi bukanlah berarti yang akan meraih juara. Menarik untuk melihat para offroader mempersiapkan kendaraanya, karena IOF Adventure NC ini memiliki trade mark yang sangat khas: real adventure, extreme, sangat kompetitif namun sangat menjungjung tinggi brotherhood.

Kelas Kejuaraan akan dibagia sebagai berikut:

- Kelas Pro FFA

- Kelas Rookie FFA

- Kelas Executive FFA

- Team

Rookie sendiri pada dasarnya dipersiapkan untuk pembibitan offroader baru atau pemula. Sedangkan kelas Executive adalah kelas khusus bagi offroader berusia di atas 40 tahun, yang sejak di tahun 2015 sudah mulai diperkenakan.

Jadwal lengkapnya adalah sbb:

Round 1 Balikpapan, Kaltim,  23-24 Juli 2016

Round 2 Palangkaraya, Kalteng 27-28 Agustus 2016

Round 3 Pangkalan Bun, Kalteng 24-25 September 2016

Round 4 Lahat, Sumsel 26-27 Nopember 2016

Menarik untuk melirik siapa saja di balik IOF Adventure NC ini. Memen Harianto, Ketua Departemen Olahraga PP IOF menjelaskan bahwa ada konsorsium yang memiliki komitmen yang besar terhadap real adventure yang selama ini menjadi ruhnya kompetisi adventure a la IOF. Ada H. Burhan dari BBS Kaltim, Oding Ananta dari Dasico Bali, dr Jack dari Bhay Squad Lombok, Joko Permana dari JP Racing Team Kalteng, Krisna Didit dari Galena Logistic Jatim, serta 2 anggota baru di tahun 2016, yakni Heri Fernando dari Belang Adventure Club Kalteng dan Aswari dari Cendrawasih Bungsu Club Sumsel. IOF dan Konsorsium sama-sama fokus pada terjaganya kelangsungan kompetisi, kualitas penyelenggaraan yang baik dengan menjunjung tinggi sportifitas, fairplay sekaligus mengutamakan unsur safety, lanjut Memen.

H Burhanudin pun mengkonfirmasikan bahwa BBS dan Kaltim telah bersiap-siap menyambut para peserta pada akhir Juli nanti dengan menunjuk V-Art sebagai EO, sekaligus mempersiapkan track master dan RC yang berkualitas. “Komunitas offroad di Kaltim siap menggelar putaran 1 dengan penuh semangat”, jelasnya.

IOF Adventure NC ini patut mendapat perhatian khusus di tengah kembali maraknya event-event offroad nasional. Tidak hanya sekedar kompetisi yang bersifat serial, jelas sekali IOF Adventure NC ini sangat menjaga semangat kebersamaan, menerapkan standarisasi regulasi, memancing lahirnya offroader baru. Selain itu, seperti di tahun 2015, terlihat dalam setiap putarannya dilakukan juga pelatihan dan sertifikasi untuk penyelenggara lomba, sebagai sebuah usaha melahirkan penyelenggara lomba baru yang lebih banyak lagi.

“Ini adalah project IOF berskala nasional yang menjadi tanggung jawab seluruh member IOF. Kita akan berupaya lakukan sebaik mungkin dan berharap menjadi awal yang baik untuk diteruskan oleh club-club lain di manapun. Kita bersyukur akhirnya menjadi agenda rutin berskala nasionalF”, ujar Joko Permana dan Heri Fernando, di sela-sela kunjungannya di Jakarta dalam rangka mempersiapkan jadwal IOF NC 2016.

Chandra Dewana dari Senggugu Offroad Team Sumsel sangat antusias saat mengetahui Kabupaten Lahat memperoleh 1 kali jadwal IOF NC tahun ini. “Lahat itu meskipun ada di selatan pulau Sumatera, tapi kalau ada event skala nasional biasanya semua offroader dari aceh, Pekan Baru, Batam, Sumbar, Jambi Bengkulu dan Lampung pasti datang. Termasuk yang dari pulau jawa. Apalagi ini ditambah hadirnya peserta dari Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur. Pasti ini event sangat besar dan ditunggu”,  ujar pria ramah yang tidak pernah absen balapan ini.

Semoga IOF Adventure NC berjalan sesuai dengan harapan semua pihak.

Bravo IOF NC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>